TUGAS KEMAMPUAN BERBAHASA DAN
BERSASTRA INDONESIA
MANFAAT DAN TUJUAN MEMBACA
Oleh:
Kelompok
5
1. Dhanang
Lukmantoro (15120371)
2. Estima
Titihapsari (15120399)
3. Dyah
Saraswati (15120364)
4. Suci
Yulianti Lesatari (15120379)
5. Indah
Mustikasari (15120372)
6. Teguh
windiarto (15120373)
7. Nurul
Arifah
8. Kukuh
Heri P.
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT.
karena atas taufik, hidayah, serta inayah-Nya kami dari penulis telah berhasil
menyelesaikan sebuah makalah tentang “Manafaat dan Tujuan Membaca”.
Dalam penyusunan makalah ini,
penulis mendapat banyak hambatan dan kesalahan yang dihadapi. Namun penulis
menyadari banyak bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis
menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tua, Dosen Pengampu Kemampuan
Berbahasa dan Bersastra Indonesia, dan teman-teman.
Semoga makalah ini dapat memberikan
manfaat dan sebagai sumbangsih pemikiran khususnya untuk para pembaca. Dan
tidak lupa kami menyampaikan permohonan maaf
apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan baik dalam kosa
kata ataupun isi dari keseluruhan makalah ini. Kami sebagai penulis sadar bahwa
makalah ini jauh dari sempurna dan unyuk itu kritik dan saran sangat kami
harapkan demi kebaikan untuk kedepanya.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Membaca adalah suatu
cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan
pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2
cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari
membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor.
Sebagian besar kegiatan membaca
sebagian besar dilakukan dari kertas. Batu atau kapur di sebuah papan tulis
bisa juga dibaca. Membaca dapat menjadi sesuatu yang dilakukan sendiri maupun dibaca
keras-keras. Hal ini dapat menguntungkan pendengar lain, yang juga bisa
membangun konsentrasi kita sendiri.
Membaca merupakan kegiatan menerima
akan tetapi, untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan menyeluruh, kita tidak
melakukannya dengan berpasrah diri. Untuk memperoleh itu, kita secara aktif
bekerja mengolah teks bacaan menjadi bahan yang bermakna. Bagaimana kita bisa
memperoleh makna yang terkandung jika hanya diam, sementara teks bacaan adalah
benda mati ? jadi, kitalah yang sebenarnya aktif.
Bahkan bukan hanya pemahaman yang di
tuntut dalam membaca, melainkan juga penggolahan bahan bacaan secara kritis dan
kreatif. Membaca bukan hanya proses mengingat, melainkan juga proses kerja
mental yang melibatkan Aspek-Aspek berpikir kritis dan kreatif seperti yang
telah di singgung di atas tadi. Atau lebih berarti bila ia mampu menerapkanya
dalam kehidupan secara nyata.
Tak bisa di pungkiri saat ini bahwa
pengajaran membaca itu telah berakhir bila seseorang dapat memvokalkan
simbol-simbol tulis. Jangan heran bila ada seorang murid SMA masih
terbiasa membaca buku pelajarannya dengan suara keras, Tak bisa di salahkan
mereka itu. Sebab, selama itu pula tak ada yang mengoreksi
Membaca sangat berpengaruh basar pada
kehidupan sehari-hari, itulah makanya seseorang yang pengetahuannya luas dan
Aktual selalu membaca , mambaca, dan membaca terus.
.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apa tujuan
membaca?
2. Apa manfaat
membaca?
C.
Tujuan
Maslah
1. Untuk
mengetahui tujuandari membaca.
2. untuk
mengetahui manfaat dari membaca.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Tujuan
Membaca
1. Tujuan
membaca menurut Henry Guntur Tarigan:
a. Membaca
untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta
Misalnya untuk
mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh sang tokoh; apa-apa yang
telah dibuat oleh sang tokoh; apa yang telah terjadi pada tokoh khusus, atau
untuk memecahkan masalah-masalah yang dibuat oleh sang tokoh.
b. Membaca
untuk memperoleh ide-ide utama
Misalnya untuk
mengetahui mengapa hal itu merupakan topik yang baik dan menarik, masalah yang
terdapat dalam cerita, apa-apa yang dipelajari atau dialami sang tokoh, dan
merangkum hal-hal yang dilakukan oleh sang tokoh untuk mencapai tujuannya.
c. Membaca
untuk mengetahui urutan atau susunan organisasi cerita
Seperti
menemukan atau mengetahui apa yang terjadi pada setiap bagian cerita, apa yang
terjadi mula-mula pertama, kedua, dan ketiga/seterusnya. Setiap tahap dibuat
untuk memecahkan suatu masalah, adegan-adegan dan kejadian buat dramatisasi.
d. Membaca
untuk menyimpulkan (membaca inferensi)
Seperti
menemukan serta mengetahui mengapa para tokoh merasakan seperti cara mereka
itu, apa yang hendak diperlihatkan oleh sang tokoh berubah, kualitas-kualitas
yang dimiliki para tokoh yang membuat mereka berhasil atau gagal.
e. Membaca
untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan
Misalnya
untuk menemukan serta mengetahui apa-apa yang tidak biasa, tidak wajar mengenai
seseorang tokoh, apa yang lucu dalam cerita, atau apakah cerita itu benar atau
tidak benar.
f. Membaca
menilai
Membaca
mengevaluasi seperti untuk menemukan apakah sang tokoh berhasil atau hidup
dengan ukuran-ukuran tertentu, apakah kita ingin berbuat seperti cara sang
tokoh bekerja dalam cerita itu.
g.
Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan
Dilakukan untuk
menemukan bagaimana caranya sang tokoh berubah, bagaimana hidupnya berbeda dari
kehidupan yang kita kenal, bagaimana dua cerita mempunyai persamaan, bagaimana
sang tokoh menyerupai pembaca.
2. Tujuan
membaca menurut Yunus Abidin:
a. Membaca
untuk pengetahuan
Membaca yang dilakukan untuk menemukan sebuah
informasi yang sangat berguna dalam rangka mengembangkan wawasan dan ilmu
pengetahuan terhadapat diri sendiri.
b. Membaca
untuk menghasilkan
Membaca yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungn
dalam segi financial.
c. Membaca
untuk hiburan
membaca yang dilakukan untuk mendapat kenikmatan,
kesegaran dan kesenangan.
3.
Tujuan
membaca menurut Paul S. Anderson:
a. Memperoleh
fakta dan perincian
Membaca untuk mengetahui
penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh tokoh, apa yang terjadi pada tokoh
dan lain-lain.
b. Memperoleh
ide utama
Untuk mengetahui masalah yang
dialami tokoh, dan merangkum hal-hal yang dilakukan tokoh untuk mengetahui
tujuanya.
c. Mengetahui
urutan cerita
Membaca untuk mengetahu setiap
bagian cerita.
d. Menyimpulkan
Mengetahui mengapa tokoh melakukan
perbuatan demikian dan mengapa terjadi perubahan pada tokoh.
e. Mengelompokan
Mengetahui atau mengelompokan
hal-hal yang tidak biasa, apa yang lucu dalam cerita.
f. Menilai
mengetahui apakah benar atau salah
yang dilakukan oleh tokoh dan apakah patut ditiru oleh pembaca.
g. Membandingkan
Untuk mengetahui bagaimana hidupnya
beda dengan kita, dan bagaimana bisa dua buah kisah mempunyai kesamaan.
4. tujuan
membaca secara khusus adalah:
a. mendapatkan
informasi faktual
b. memperoleh
keterangan tentang sesuatu yang khusus dan problematis
c. memberi
penilaian terhadap karya tulis seseorang
d. memperoleh
kenikmatan emosi
e. mengisi
waktu luang
5. Tujuan
membaca secara umum adalah:
a. mendapatkan
informasi
b. memperoleh
pemahaman
c. memperoleh
kesenangan.
B.
Manfaat
Membaca
1. Manfaat
membaca menurut para ahli
a.
Manfaat
membaca menurut Widyamartaya (1992: 140-141), antara lain:
1)
dapat membuka cakrawala kehidupan bagi pembaca
2)
dapat menyaksikan dunia lain-dunia pikiran dan
renungan
3)
merubah pembaca menjadi mempesona dan terasa nikmat
tutur katanya.
b.
Manfaat
membaca menurut Suyitno (1985: 37-38), yaitu:
1)
untuk penyempurnaan teknik membaca;
2)
untuk penyempurnaan pemahaman isi bacaan;
3)
untuk mendapatkan pemahaman kosakata;
4)
untuk mendapatkan penumbuhan kesadaran untuk
kepentingan membaca sebagai sarana mendapatkan informasi;
5)
untuk mendapatkan penumbuhan sikap suka mencari
kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan batin
c.
Manfaat
membaca menurut Jordan E. Ayan, yang berdampak bagi perkembangan sebagian besar
jenis kecerdasaan, diantaranya adalah,
1)
Membaca menambah kosakata dan pengetahuan akan tata
bahasa dan sintaksis. Yang lebih penting lagi membaca memperkenalkan kita pada
banyak ragam ungkapan kreatif, dan dengan demikian mempertajam kepekaan
linguistik dan kemampuan menyatakan perasaan. Dengan membaca, kita belajar
mengenai metafora, implikasi, persuasi, sifat nada, dan banyak unsur ekspresi
lain yang semuanya penting bagi segala jenis seniman, pelaku bisnis, atau
penemu.
2)
Banyak buku dan artikel yang mengajak kita untuk
berintropeksi dan melontarkan pertanyaan serius mengenai nilai, perasaan, dan
hubungan kita dengan orang lain.
3)
Membaca memicu imajinasi. Buku yang baik mengajak kita
membayangkan dunia beserta isinya, lengkap dengan segala kejadian, lokasi, dan
karakternya. Bayangan yang terkumpul dari tiap buku atau artikel ini melekat dalam
pikiran, dan sering waktu berlalu, membangun sebuah bentang jaringan ide dan
perasaan yang menjadi dasar metafora yang kita tulis, gambar yang kita buat,
bahkan keputusan yang kita ambil.
2.
Manfaat Membaca bagi Kesehatan
1. Melatih
otak
Salah satu keuntungan
membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu
menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca,
otak dituntut unutk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas.
Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.
2. Meringankan
stres
Stres adalah faktor
risiko dari beberapa penyakit berbahaya. keindahan bahasa dalam tulisan dapat
memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku
fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagu untuk mengatasi stres.
3. Meningkatkan
daya ikat otak
Membaca benar-benar
dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan
dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah
gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.
Penelitian telah
menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain
teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan
memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat
terhubung dan tumbuh.
4.
Mengembangkan pola tidur yang sehat
Bila Anda terbiasa
membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan
mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu Anda
mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari
5.
Meningkatkan konsentrasi
Orang yang suka membaca
akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca
akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam
kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan
keputusan.
3. Manfaat
Membaca Secara Umum
a. Membaca
meningkatkan kemampuan memahami kata dan kalimat
Dengan membaca kita
akan menemukan makna-makna baru dari sebuah kata. Hal ini terutama terjadi pada
para penulis dan blogger. Para penulis sukses akan mengatakan kepada kita bahwa
untuk meningkatkan kemampuan menulis, kita perlu membaca setiap hari. Dengan
membaca kita akan mengetahui cara orang menyatakan perasaannya.
b. Membaca
membuat kita mengenal budaya dan tempat lain
Dengan membaca kita
akan menemukan keragaman etnis manusia, budayanya, tata kehidupannya dan gaya
hidupnya.
c. Membaca
akan meningkatkan konsentrasi pikiran
Membaca buku
memerlukan konsentrasi jangka panjang. Semakin sering dilatih, konsentrasi kita
akan semakin baik.
d. Membaca
akan meningkatkan penghargaan diri
Dengan banyak
membaca maka pengetahuan kita akan bertambah. Jika pengetahuan kita bertambah,
maka kepercayaan diri akan muncul. Akibatnya, suatu ketika orang lain akan
datang pada kita untuk mencari jawaban atas persoalan yang tengah mereka
hadapi.
e. Membaca
akan meningkatkan memori
Otak jika jarang
digunakan akan mengalami kemerosotan kemampuan. Semakin sering digunakan, otak
kita akan semakin baik dalam bekerja. Dengan membaca kita akan dilatih
untuk mengingat detail, nama orang, fakta, sumber tulisan, fakta, alur cerita,
tema dan karakter.
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
1.
Tujuan Membaca
a. mendapatkan
informasi
b. memperoleh
pemahaman
c. memperoleh
kesenangan.
2. Manfaat
Membaca
a.
Meningkatkan kemampuan memahami kata dan
kalimat
b.
Membuat kita mengenal budaya dan tempat
lain
c.
meningkatkan konsentrasi pikiran
d.
meningkatkan penghargaan diri
e.
meningkatkan memori
B. Saran
Dalam
penulisan makalah ini, tentunya dari kelompok kami masih dalam tahap belajar.
Oleh karena itu, pembaca diharapkan dapat memberi masukan tentang kekurangan
dalam tata cara penulisan bahasa dan dalam segi materi.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar