Rabu, 27 April 2016

Manfaat dan Tujuan Membaca



 TUGAS KEMAMPUAN BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA
MANFAAT DAN TUJUAN MEMBACA





Oleh:
Kelompok 5
1.      Dhanang Lukmantoro          (15120371)
2.      Estima Titihapsari                 (15120399)
3.      Dyah Saraswati                    (15120364)
4.      Suci Yulianti Lesatari            (15120379)
5.      Indah Mustikasari                (15120372)
6.      Teguh windiarto                  (15120373)
7.      Nurul Arifah
8.      Kukuh Heri P.                    




PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2016



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT. karena atas taufik, hidayah, serta inayah-Nya kami dari penulis telah berhasil menyelesaikan sebuah makalah tentang “Manafaat dan Tujuan Membaca”.
            Dalam penyusunan makalah ini, penulis mendapat banyak hambatan dan kesalahan yang dihadapi. Namun penulis menyadari banyak bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tua, Dosen Pengampu Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, dan teman-teman.
            Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan sebagai sumbangsih pemikiran khususnya untuk para pembaca. Dan tidak lupa kami menyampaikan permohonan maaf  apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan baik dalam kosa kata ataupun isi dari keseluruhan makalah ini. Kami sebagai penulis sadar bahwa makalah ini jauh dari sempurna dan unyuk itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi kebaikan untuk kedepanya.


Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor.
Sebagian besar kegiatan membaca sebagian besar dilakukan dari kertas. Batu atau kapur di sebuah papan tulis bisa juga dibaca. Membaca dapat menjadi sesuatu yang dilakukan sendiri maupun dibaca keras-keras. Hal ini dapat menguntungkan pendengar lain, yang juga bisa membangun konsentrasi kita sendiri.
Membaca merupakan kegiatan menerima akan tetapi, untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan menyeluruh, kita tidak melakukannya dengan berpasrah diri. Untuk memperoleh itu, kita secara aktif bekerja mengolah teks bacaan menjadi bahan yang bermakna. Bagaimana kita bisa memperoleh makna yang terkandung jika hanya diam, sementara teks bacaan adalah benda mati ? jadi, kitalah yang sebenarnya aktif.
Bahkan bukan hanya pemahaman yang di tuntut dalam membaca, melainkan juga penggolahan bahan bacaan secara kritis dan kreatif. Membaca bukan hanya proses mengingat, melainkan juga proses kerja mental yang melibatkan Aspek-Aspek berpikir kritis dan kreatif seperti yang telah di singgung di atas tadi. Atau lebih berarti bila ia mampu menerapkanya dalam kehidupan secara nyata.
Tak bisa di pungkiri saat ini bahwa pengajaran membaca itu telah berakhir bila seseorang dapat memvokalkan simbol-simbol tulis. Jangan heran bila  ada seorang murid SMA masih terbiasa membaca buku pelajarannya dengan suara keras, Tak bisa di salahkan mereka itu. Sebab, selama itu pula tak ada yang mengoreksi
Membaca sangat berpengaruh basar pada kehidupan sehari-hari, itulah makanya seseorang yang pengetahuannya luas dan Aktual selalu membaca , mambaca, dan membaca terus.
.
B.       Rumusan Masalah
1.      Apa tujuan membaca?
2.      Apa manfaat membaca?

C.      Tujuan Maslah
1.      Untuk mengetahui tujuandari membaca.
2.      untuk mengetahui manfaat dari membaca.



BAB II
PEMBAHASAN

A.      Tujuan Membaca
1.      Tujuan membaca menurut Henry Guntur Tarigan:
a.       Membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta
Misalnya untuk mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh sang tokoh; apa-apa yang telah dibuat oleh sang tokoh; apa yang telah terjadi pada tokoh khusus, atau untuk memecahkan masalah-masalah yang dibuat oleh sang tokoh.
b.      Membaca untuk memperoleh ide-ide utama
Misalnya untuk mengetahui mengapa hal itu merupakan topik yang baik dan menarik, masalah yang terdapat dalam cerita, apa-apa yang dipelajari atau dialami sang tokoh, dan merangkum hal-hal yang dilakukan oleh sang tokoh untuk mencapai tujuannya.
c.      Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan organisasi cerita
Seperti menemukan atau mengetahui apa yang terjadi pada setiap bagian cerita, apa yang terjadi mula-mula pertama, kedua, dan ketiga/seterusnya. Setiap tahap dibuat untuk memecahkan suatu masalah, adegan-adegan dan kejadian buat dramatisasi.
d.     Membaca untuk menyimpulkan (membaca inferensi)
Seperti menemukan serta mengetahui mengapa para tokoh merasakan seperti cara mereka itu, apa yang hendak diperlihatkan oleh sang tokoh berubah, kualitas-kualitas yang dimiliki para tokoh yang membuat mereka berhasil atau gagal.
e.      Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan
Misalnya untuk menemukan serta mengetahui apa-apa yang tidak biasa, tidak wajar mengenai seseorang tokoh, apa yang lucu dalam cerita, atau apakah cerita itu benar atau tidak benar.



f.       Membaca menilai
Membaca mengevaluasi seperti untuk menemukan apakah sang tokoh berhasil atau hidup dengan ukuran-ukuran tertentu, apakah kita ingin berbuat seperti cara sang tokoh bekerja dalam cerita itu.
g.      Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan
Dilakukan untuk menemukan bagaimana caranya sang tokoh berubah, bagaimana hidupnya berbeda dari kehidupan yang kita kenal, bagaimana dua cerita mempunyai persamaan, bagaimana sang tokoh menyerupai pembaca.
2.      Tujuan membaca menurut Yunus Abidin:
a.       Membaca untuk pengetahuan
Membaca yang dilakukan untuk menemukan sebuah informasi yang sangat berguna dalam rangka mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan terhadapat diri sendiri.
b.      Membaca untuk menghasilkan
Membaca yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungn dalam segi financial.
c.       Membaca untuk hiburan
membaca yang dilakukan untuk mendapat kenikmatan, kesegaran dan kesenangan.
3.      Tujuan membaca menurut Paul S. Anderson:
a.       Memperoleh fakta dan perincian
Membaca untuk mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh tokoh, apa yang terjadi pada tokoh dan lain-lain.
b.      Memperoleh ide utama
Untuk mengetahui masalah yang dialami tokoh, dan merangkum hal-hal yang dilakukan tokoh untuk mengetahui tujuanya.
c.       Mengetahui urutan cerita
Membaca untuk mengetahu setiap bagian cerita.


d.      Menyimpulkan
Mengetahui mengapa tokoh melakukan perbuatan demikian dan mengapa terjadi perubahan pada tokoh.
e.       Mengelompokan
Mengetahui atau mengelompokan hal-hal yang tidak biasa, apa yang lucu dalam cerita.
f.       Menilai
mengetahui apakah benar atau salah yang dilakukan oleh tokoh dan apakah patut ditiru oleh pembaca.
g.      Membandingkan
Untuk mengetahui bagaimana hidupnya beda dengan kita, dan bagaimana bisa dua buah kisah mempunyai kesamaan.
4.      tujuan membaca secara khusus adalah:
a.    mendapatkan informasi faktual
b.    memperoleh keterangan tentang sesuatu yang khusus dan problematis
c.    memberi penilaian terhadap karya tulis seseorang
d.    memperoleh kenikmatan emosi
e.    mengisi waktu luang
5.      Tujuan membaca secara umum adalah:
a.    mendapatkan informasi
b.    memperoleh pemahaman
c.    memperoleh kesenangan.


B.       Manfaat Membaca
1.      Manfaat membaca menurut para ahli
a.       Manfaat membaca menurut Widyamartaya (1992: 140-141), antara lain:
1)      dapat membuka cakrawala kehidupan bagi pembaca
2)      dapat menyaksikan dunia lain-dunia pikiran dan renungan
3)      merubah pembaca menjadi mempesona dan terasa nikmat tutur katanya.
b.      Manfaat membaca menurut Suyitno (1985: 37-38), yaitu:
1)      untuk penyempurnaan teknik membaca;
2)      untuk penyempurnaan pemahaman isi bacaan;
3)      untuk mendapatkan pemahaman kosakata;
4)      untuk mendapatkan penumbuhan kesadaran untuk kepentingan membaca sebagai sarana mendapatkan informasi;
5)      untuk mendapatkan penumbuhan sikap suka mencari kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan batin


c.       Manfaat membaca menurut Jordan E. Ayan, yang berdampak bagi perkembangan sebagian besar jenis kecerdasaan, diantaranya adalah,
1)      Membaca menambah kosakata dan pengetahuan akan tata bahasa dan sintaksis. Yang lebih penting lagi membaca memperkenalkan kita pada banyak ragam ungkapan kreatif, dan dengan demikian mempertajam kepekaan linguistik dan kemampuan menyatakan perasaan. Dengan membaca, kita belajar mengenai metafora, implikasi, persuasi, sifat nada, dan banyak unsur ekspresi lain yang semuanya penting bagi segala jenis seniman, pelaku bisnis, atau penemu.
2)      Banyak buku dan artikel yang mengajak kita untuk berintropeksi dan melontarkan pertanyaan serius mengenai nilai, perasaan, dan hubungan kita dengan orang lain.
3)      Membaca memicu imajinasi. Buku yang baik mengajak kita membayangkan dunia beserta isinya, lengkap dengan segala kejadian, lokasi, dan karakternya. Bayangan yang terkumpul dari tiap buku atau artikel ini melekat dalam pikiran, dan sering waktu berlalu, membangun sebuah bentang jaringan ide dan perasaan yang menjadi dasar metafora yang kita tulis, gambar yang kita buat, bahkan keputusan yang kita ambil.
2.      Manfaat Membaca bagi Kesehatan
1.      Melatih otak
Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut unutk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.
2.      Meringankan stres
Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagu untuk mengatasi stres.
3.      Meningkatkan daya ikat otak
Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.
Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.
4.      Mengembangkan pola tidur yang sehat
Bila Anda terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari
5.      Meningkatkan konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.
3.      Manfaat Membaca Secara Umum
a.       Membaca meningkatkan kemampuan memahami kata dan kalimat
Dengan membaca kita akan menemukan makna-makna baru dari sebuah kata. Hal ini terutama terjadi pada para penulis dan blogger. Para penulis sukses akan mengatakan kepada kita bahwa untuk meningkatkan kemampuan menulis, kita perlu membaca setiap hari. Dengan membaca kita akan mengetahui cara orang menyatakan perasaannya. 
b.      Membaca membuat kita mengenal budaya dan tempat lain
Dengan membaca kita akan menemukan keragaman etnis manusia, budayanya, tata kehidupannya dan gaya hidupnya. 
c.       Membaca akan meningkatkan konsentrasi pikiran
Membaca buku memerlukan konsentrasi jangka panjang. Semakin sering dilatih, konsentrasi kita akan semakin baik. 
d.      Membaca akan meningkatkan penghargaan diri
Dengan banyak membaca maka pengetahuan kita akan bertambah. Jika pengetahuan kita bertambah, maka kepercayaan diri akan muncul. Akibatnya, suatu ketika orang lain akan datang pada kita untuk mencari jawaban atas persoalan yang tengah mereka hadapi.
e.       Membaca akan meningkatkan memori
Otak jika jarang digunakan akan mengalami kemerosotan kemampuan. Semakin sering digunakan, otak kita akan semakin baik dalam bekerja. Dengan membaca kita akan dilatih untuk mengingat detail, nama orang, fakta, sumber tulisan, fakta, alur cerita, tema dan karakter.




BAB III
PENUTUP

A.      Simpulan
1.      Tujuan Membaca
a.    mendapatkan informasi
b.    memperoleh pemahaman
c.    memperoleh kesenangan.
2.      Manfaat Membaca
a.       Meningkatkan kemampuan memahami kata dan kalimat
b.      Membuat kita mengenal budaya dan tempat lain
c.       meningkatkan konsentrasi pikiran
d.      meningkatkan penghargaan diri
e.       meningkatkan memori

B.     Saran
Dalam penulisan makalah ini, tentunya dari kelompok kami masih dalam tahap belajar. Oleh karena itu, pembaca diharapkan dapat memberi masukan tentang kekurangan dalam tata cara penulisan bahasa dan dalam segi materi.



DAFTAR PUSTAKA








Tidak ada komentar:

Posting Komentar